Mangga Agrimania Buah Mangga Lokal Termahal di Indonesia

Kabupaten Indramayu merupakan penghasil buah mangga (Mangifera Indica) di Jawa Barat, Indonesia, salah satu mangga asli lokal Indramayu yang sudah dipantenkan yaitu mangga Indramayu atau nama lain adalah mangga Cengkir. Mangga Indramayu sangat terkenal dipasar Indonesia maupun mancanegara karena memiliki cita rasa yang manis, harum dan memiliki banyak keunggulan.

Pada tahun 2011, Bapak H. Urip yaitu seorang petani penangkar benih dan bibit telah menemukan jenis Induk mangga lokal baru dari Indramayu yang diberi nama mangga Agrimania Nunuk. Mangga Agrimania Nunuk ini memiliki cita rasa yang manis, dagingnya kering, beraroma harum, tekstur lembut, berat buah bisa mencapai 1,8 – 2 Kilogram, tanaman cepat berbuah sekitar 3,5 tahun sudah bisa berbuah, dan harganya relatif mahal karena belum banyak yang membudidayakan.

Mangga Agrimania Nunuk telah menjuarai beberapa penghargaan diantaranya adalah 1). juara 1 (satu) Lomba Buah Unggul Nasional (LBUN) yang diselenggaraan oleh Trubus dan Dirjen Horti Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada tahun 2014. 2). Juara 3 (tiga) Festival Bunga Buah Nusantara yang diselenggaraan oleh Institut Pertanian Bogor (IPB) pada tahun 2015, dan telah mengikuti berbagai event seperti expo tingkat nasional.

Setelah diketahui bahwa mangga Agrimania Nunuk memiliki banyak keunggulan sehingga dilirik banyak kalangan untuk membeli bibit mangga, masalah yang muncul adalah kurangnya ketersediaan bibit mangga Agrimania Nunuk sedangkan permintaan bibit mangga Agrimania Nunuk terus meningkat dari berbagai daerah di Indonesia yang sampai saat ini belum bisa tercukupi. Keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya kreatifitas dan inovasi petani dalam proses penangkaran buah dan penyediaan bibit mangga menjadi faktor dalam pemenuhan kebutuhan bibit mangga nasional.

Saat ini harga jual di pasar buah Mangga Agrimania harganya bisa mencapai Rp. 100.000/Kg bertengger sejajar dengan buah mangga Import dari negara Thailand. Tidak heran jika sekarang banyak pembisnis/pengusaha dan penghobi tanaman, baik dari perorangan, perusahaan dan lembaga memburu tanaman mangga Agrimania Nunuk ini untuk menangkap peluang usaha perkebunan mangga dan banyak juga untuk tanaman dipekarangan rumah yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Untuk memenuhi kebutuhan permintaan bibit mangga Agrimania dari berbagai daerah, tim Agrimania Flora telah menangkar dan melakukan proses pembibitan tanaman mangga Agrimania yang siap untuk didistribusikan ke seluruh daerah di Indonesia.

Pengiriman yang sudah diantaranya yaitu : Bogor, Sumatera, Kabupaten Kerincim Tanggerang, Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Raja Ampat, Manokwari,

Tumbuh subur dan mampu meningkatkan daya saing buah mangga lokal yang memiliki keunggulan dibandingkan dengan buah import, baik bersaing cita rasa maupun harga. Selain itu banyak juga peluang pertanian yang dapat dikembangkan dan sebagai bisnis pertanian seperti peluang usahatani edamame.

Facebook Comments